Langsung ke konten utama

Resep Kue Cenil Jajanan Pasar Tradisional Sarat Nostalgia

 Resep Kue Cenil , Jajanan Pasar Tradisional Sarat Nostalgia
Resep Kue Cenil - Salah satu ragam masakan yang mampu dengan mudah kita temukan di Indonesia ialah jajanan pasar. Sesuai namanya , jajanan pasar merupakan jajan atau makanan ringan yang biasa dijual di pasar tradisional. Jajanan pasar ini umumnya memiliki rasa yang manis sehingga banyak digemari terutama oleh anak-anak. Warna dari jajanan pasar ini juga bervariasi untuk semakin menarik minat pembeli. Jajanan pasar biasa dijual dalam porsi kecil sekali makan , umumnya dalam kemasan plastik atau dibungkus dengan daun pisang. Ragam jajanan pasar yang cukup populer di antaranya ialah gethuk , cenil , candil , lopis dan grontol jagung. Salah satunya yang akan dibahas di sini ialah resep kudapan manis cenil.

Kue cenil merupakan kudapan manis berair dengan materi dasar dari tepung kanji. Kue ini terutama dikenal alasannya ialah keunikan warna-warnanya yang cerah mirip merah , hijau dan kuning. Cita rasa dari kudapan manis ini juga termasuk sangat enak , yakni manis serta bertekstur kenyal. Kue cenil biasa disajikan dengan parutan kelapa serta gula pasir , membuatnya memiliki rasa gurih dan manis yang disukai banyak orang. Tidak heran apabila kudapan manis tradisional ini banyak dicari terutama untuk program hajatan. Kue cenil biasa dijual dalam kemasan plastik kecil dengan tusuk gigi biar kita mampu memakannya. Bentuk kudapan manis ialah dadu-dadu kecil dan mampu dimakan dalam sekali suap per kuenya.

Proses pembuatan kudapan manis cenil sendiri cukup mudah. Akan tetapi di dalamnya diharapkan beberapa tahapan sebelum dapat dibuat kudapan manis cenil yang manis dan lezat. Bahan-bahan pembuatan kudapan manis ini juga mudah didapatkan dan tergolong sangat sederhana. Kita mampu membelinya di supermarket ataupun pasar tradisional. Kita mampu membuat kudapan manis ini sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang dibeli sendiri. Kuncinya ialah memperhatikan takaran materi serta langkah-langkah pembuatan biar sesuai dengan resep yang tertera. Dengan begitu maka kita juga pasti mampu membuat sendiri kudapan manis cenil dengan rasa yang tidak kalah apabila kita membelinya di pasar tradisional. Berikut ini ialah resep kudapan manis cenil lengkap dengan bahan-bahan yang diharapkan , takaran untuk tiap materi serta langkah-langkah pembuatannya.

Kue Cenil

Bahan-bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Cenil Manis
  • Tepung kanji sebanyak empat ratus gram yang dilarutkan ke dalam enam puluh cc air matang di dalam satu wadah
  • Garam halus sebanyak satu sendok teh
  • Air matang sebanyak dua ratus lima belas cc
  • Daun pandan sebanyak sepuluh lembar yang dicuci lalu diiris tipis-tipis
  • Gula pasir sebanyak enam sendok
  • Daging kelapa sebanyak setengah butir yang diparut halus
  • Air bersih sebanyak dua liter yang direbus hingga mendidih
  • Pewarna makanan secukupnya dengan warna yang berbeda-beda

Cara Membuat Kue Cenil Manis

Larutkan garam dan air di dalam panci , kemudian rebus hingga mendidih serta matang. Ambil setengah bab tepung kanji dan masukkan ke dalam air rebusan tersebut. Aduk hingga tepung bercampur rata dan menjadi kental. Angkat dan masukkan dalam wadah. Aduk serta olah biar rebusan tersebut menjadi tidak begitu panas.

Masukkan sisa tepung kanji ke dalam adonan , uleni hingga merata. Apabila sudah simpulan , bagi adonan menjadi tiga bagian. Pada tiap sketsa , campurkan dengan pewarna makanan.

Ambil tiap bab adonan secukupnya saja dan bentuk ibarat bola pingpong. Kemudian beri tusuk bambu ibarat sate. Lakukan pada semua sisa adonan hingga habis tak bersisa.

Masukkan semua adonan yang telah dibentuk ke dalam panci berisi rebusan air serta daun pandan. Masak hingga benar-benar matang.

Apabila adonan telah matang , biasanya adonan akan mengambang di permukaan air.

Jika telah matang , angkat kudapan manis cenil dan simpan di dalam wadah. Taburkan kelapa parut serta gula pasir di atasnya.

Resep kudapan manis cenil telah simpulan dan kudapan manis tradisional yang manis ini siap untuk dihidangkan.

Kue cenil memiliki tekstur lembut serta rasa manis yang khas sehingga membuatnya banyak disukai terutama oleh anak-anak. Penggunaan warna-warna cerah serta penambahan kelapa parut dan gula pasir membuat tampilan serta rasa kudapan manis tradisional ini semakin menarik. Kita mampu dengan mudah menemukannya di pasar tradisional ataupun membuatnya sendiri sesuai langkah-langkah yang tertera di atas tersebut.

Rahasia dari pembuatan resep kudapan manis cenil yang kenyal serta manis ialah bahan-bahan yang dipakai serta ketepatan takaran serta waktu pembuatan. Gunakan bahan-bahan yang berkualitas serta jaga kebersihan dari peralatan yang digunakan untuk memasak. Dengan demikian maka kita akan mampu membuat kudapan manis cenil yang nikmat pula. Untuk warna-warnanya mampu dipilih sesuai selera , walau biasanya kudapan manis cenil menggunakan pewarna merah serta hijau yang dominan. Demikian resep kudapan manis cenil ini. Selamat mencoba memasak jajanan pasar yang populer ini dan semoga berhasil.

Resep Post By :  Hanifa Nafia Almeera

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Perbedaan Apa Itu TBM SP BP Fermipan dan Fungsinya

PELEMBUT KUE / CAKE SOFTENER / PELEMBUT CAKE PELEMBUT CAKE atau CAKE SOFTENER ialah materi embel-embel yang berfungsi untuk melembutkan dan menghaluskan pori-pori dan tekstur cake. Fungsinya ialah untuk : melembutkan tekstur kudapan manis dan roti , menghilangkan busuk wangi telur , memperpanjang tingkat kelembapan setelah kudapan manis dipotong Ada dua bentuk cake softener yaitu bentuk cair dan bentuk tepung / debu Untuk bentuk cair ada merk : Diva cake softener ada yang beraroma wysman ,vanilli , dan pandan Spontan cake Softener ada yang beraroma wysman , vanilli dan pandan Untuk bentuk tepun/bubuk ada merk : (1) Marasquin; dan (2) Fruit Powder yang beraroma buah-buahan. Diva cake softener harga 10.000 Diva cake softener harga 10.000 - Pelembut kue CAKE EMULSIFIER (SP / Ovalette / TBM) Contoh Produk SP kemasan kecil : CAKE EMULSIFIER ialah materi embel-embel untuk menyebarkan dan menstabilkan adonan cake. bentuknya menyerupai jelly yang berwa

Konversi Takaran Lengkap Dalam Dunia Resep Masakan

Konversi atau ukuran dalam satuan lain ini dibutuhkan bagi bunda atau ayah yang sering melihat resep kuliner dengan takaran materi dalam ukuran tertentu. Berikut ini ialah konversi takaran lengkap banyak sekali satuan ibarat volume , suhu , berat , dll yang sangat bermanfaat dalam aktivitas memasak kuliner sehari-hari. UKURAN DASAR / UKURAN VOLUME BAHAN : 1 liter = 1000 cc = 1000 ml 1 ml = 1 cc 1 gelas (cup) = 250 cc = 250 ml 100 cc  = 6 sendok ditambak 2/3 sendok makan 1 sendok teh = 5 ml = 5 cc 1 sendok makan = 15 ml = 15 cc 1 dl = 100 ml = 100 cc 1 onz = 30 gram KONVERSI CUP KE LITER (Untuk Bahan Cair Seperti Susu cair , Air , Santan , Minyak , Mentega cair) 1 cup = 250 ml 1/2 cup = 125 ml 1/4 cup = 62 ,5 ml UKURAN AMERIKA SERIKAT 1 pound = 16 ounces = 454 gram 1 once/oz = 28 gram 1 kg = 2 ,2 pounds 1 quart = 2 pints = 16 fl oz = 960 ml 1 pints = 2 cups = 480 ml 1 galon = 4 quarts = 3 ,8 ltr 1 Fluid ounce (fl oz) = 29.5 ml 1 Cup = 8 fl oz = 236 ml UKUR